Minggu, 05 Agustus 2012

Pengelolaan Pembinaan Raudhatul Athfal

Oleh : Butet Sriani, S.Pd (Kepala RA. Milda Wiranti Tanjung Morawa)
Pelaksanaan Workshop di Bogor memberi kesan ilmu tersendiri bagi saya selaku utusan RA. Milda Wiranti Tanjung Morawa, Workshop dilaksanakan dari tanggal 1 s.d 3 Agustus 2012 bertempat di Hotel Permata Bogor. Dalam salah satu materi yang disampaikan oleh Narasumber dari IGRA Kemenag Pusat bagian RA yaitu Oleh : Dra. Hj. Latifah. M, M.Pd, dapat disimpulkan sebagai berikut:
"Kurikulum Raudhatul Athfal adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, bidang pengembangan dan penilaian serta cara yang digunakaan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
Fungsi RA : Fungsi pendidikan Raudhatul Athfal adalah membina, menumbuhkan, mengembangkan seluruh potensi anak secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya. 
Tujuan RA adalah : Membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik agar menjadi muslim yang menghayati dan mengamalkan agama serta menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan kepentingan pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Program pembelajaran di Raudhatul Athfal mencakup bidang pengembangan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar bersifat pembiasaan. 
Bidang Pengembangan Akhlakul Karimah, Sosial Emosional dan Kemandirian 
Bidang pengembangan akhlakul karimah, sosial emosional dan kemandirian merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak, sehingga menjadi kebiasaan yang baik
Bidang pengembangan Kemampuan dasar: a. PAI, b. Bahasa, c. Kognitif, dan d. Fisik"
Oleh karena itu kepada seluruh pengelola RA khususnya di Deli Serdang untuk tidak bosan melakukan inovasi dan pengembangan RA demi untuk kelanjutan pendidikan anak khususnya dalam rangka menanamkan pendidikan agama sejak dini.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar